Beranda Publikasi Kegiatan

Ajak Mahasiswa Beri Kontribusi Tata Kelolal Energi dan Pertambanga, PUSHEP Gelar Kompetisi Adu Gagasan

76

 

Pusat Studi Hukum Energi dan Pertambangan (PUSHEP) menggelar kegiata kompetisi adu gagasan yang diikuti oleh mahasiswa dengan berbagai program studi di Indonesia. Tema kegiatan yang diangkat kali ini yakni “Gagasan Mahasiswa untuk Tata Kelola Energi dan Pertambangan yang Berlandaskan Hukum dan Keadilan”. Kegiatan tersebut diikuti oleh 12 peserta terbaik yang lolos hasil seleksi video pemaparan materi seputar tema yang diberikan.  Tahapan pelaksanaan kegiatan terdiri atas tahapan mengunggah video, pengumuman finalis, penyampaian gagasan dan pengumuman pemenang.

Dalam putaran final, para finalis memaparkan ide terbarunya terkait tata kelola energi dan pertambangan. Para finalis merupakan mahasiswa berprestasi yang berasal dari berbagai perguruan tinggi. Mahasiswa berprestasi tersebut yang ikut berkompetisi tersebut diantaranya yaitu Rifqi Fajar Maulana dari Universitas Brawijaya, Ferdinal Muhammad dari Universitas Syiah Kuala Aceh, Firman Deak Novelmen Silalahi dari Universitas Sumatera Utara, Miftahul Huda dari Universitas Islam Riau, Rizal Andika Akbar dari UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Rodrikson Alpian Medlimo dari Universitas Lampung, Sofatunida dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Vicko Taniady dari Universitas Jember, Wahyu Prayogo dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Yulius Parlindungan Situmorang dari Universitas Lampung dan Aulia Anisa dari Universitas Tanjungpura.

Para finalis tersebut diperbolehkan untuk memilih salah satu dari sub tema kegiatan yang telah disediakan sebagai bahan untuk presentasi oleh peserta. Sub tema yang diangkat kali ini berdasarkan isu-isu terbaru mengenai tata kelola energi dan pertambangan di Indonesia. Beberapa isu tersebut meliputi penguatan peran daerah dalam pengelolaan energi yang berkeadilan, bentuk dan skema kelembagaan pengelolaan minyak dan gas bumi, langkah strategis penegakan hukum tindak pidana penambangan tanpa izin, serta early retirement PLTU dalam rangka mencapai target Net Zero Emission 2060.

Lebih lanjut, Holly Muridi, selaku ketua panitia, memaparkan bahwa para finalis sangat antusias dan mendalami materi yang dibawakan, kegiatan ini juga berlangsung dengan lancar dan menambah wawasan bagi para peserta. Respon yang diberikan para finalis, kegiatan ini dinilai cukup menarik dan sangat penting untuk terus dilaksanakan setiap tahunnya. Tim panitia kegiatan ini juga bersedia untuk terus melakukan evaluasi, mengingat kompetisi adu gagasan ini juga merupakan kegiatan yang baru dengan konsep yang berbeda dengan yang sebelumnya.

Holly Muridi juga menyampaikan bahwa bahwa tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk mengajak mahasiswa berkontribusi dan memberikan sumbangsih pemikiran dalam hal tata kelola energi dan pertambangan di Indonesia melalui kegiatan yang bersifat ilmiah, dengan mengangkat isu-isu terbaru seputar hukum energi dan pertambangan. Kegiatan ini juga membantu mahasiswa untuk menggali pengetahuan dan pemahaman terhadap sektor energi dan pertambangan, serta dapat meningkatkan rasa tanggung jawab dan partisipasi mahasiswa untuk menyikapi dan mengawasi kebijakan tata kelola energi dan pertambangan di Indonesia saat ini.