Beranda Publikasi Kegiatan

Dewan Energi Mahasiswa & PUSHEP Inisiasi Kerja Sama Program Ketahanan Energi bagi Mahasiswa

81

 

Ketertarikan mahasiswa terhadap dunia energi untuk terlibat mengambil peran dalam menjaga kedaulatan dan ketahanan energi nasional semakin meningkat. Kedatangan Dewan Energi Mahasiswa (DEM) ke kantor Pusat Studi Hukum Energi dan Pertambangan (PUSHEP) menunjukkan keseriusan tersebut dalam mempelajari tata kelola energi. Jajaran pimpinan DEM yang hadir langsung disambut hangat oleh Direktur Eksekutif, Bisman Bhaktiar dan rekan-rekan PUSHEP lainnya, Jakarta, 12/09/2020.

Maksud kedatangan DEM ke kantor PUSHEP, selain untuk diskusi seputar dunia energi, juga untuk membangun komunikasi lebih intens dan silaturahmi guna membentuk kolaborasi program kedepannya. Komunikasi DEM dengan PUSHEP terbangun setelah Dewan Energi Mahasiswa Jember menghadirkan Bisman Bhaktiar sebagai pembicara dalam Diskusi Energi dengan tema “Politik Hukum Migas dan Pengelolaan Energi Berkeadilan”, Jember 2/09/2020.

Kegiatan tersebut kemudian membuat PUSHEP dan DEM intens melakukan komunikasi. Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari diskusi tersebut dalam rangka mengetahui lebih jauh terkait dengan kebijakan energi nasional.  Selain itu, kehadiran mereka juga untuk meminta dukungan dari PUSHEP untuk kegiatan Indonesia Youth Collaboration Energi Forum yang rencananya akan dilangsungkan pada 28 Oktober 2020 dan Simposioan Hukum Nasional untuk peduli pertambangan pada bulan Februari 2021.

Bisman Bhaktiar mengutarakan bahwa pada prinsipnya PUSHEP akan membantu segala kegiatan mahasiswa, terkhusus kepada kelompok atau komunitas mahasiswa yang memiliki perhatian terhadap energi nasional. PUSHEP akan mendukung kegiatan DEM tersebut. PUSHEP juga akan mendorong agar para mahasiswa terus selalu berjuang dan belajar agar potensi dan minat bakat mahasiswa tumbuh dalam berorganisasi dan ikut memikirkan perkembangan bangsa kedepannya.

Lebih lanjut, Bisman Bhaktiar mengatakan bahwa PUSHEP berkomitmen terhadap mahasiswa yang ingin terlibat dalam menjaga kedaulatan energi guna mendukung ketahanan energi nasional. Atas dasar itulah PUSHEP terrus memberikan perhatian kepada kelompok pemuda dan mahasiswa. Bukti dari keseriusan PUSHEP adalah dengan menyelenggarakan pelatihan dasar hukum energi dan pertambangan, pelatihan legal drafting, kompetisi esai, kompetisi debat dan berbagai pelatihan dan kompetisi lainnya yang melibatkan generasi muda Indonesia, khususnya kalangan mahasiswa sebagai bekal dalam mempersiapkan generasi muda yang sadar akan pentingnya energi yang berkelanjutan, tegas Bisman Bhaktiar.

Kedatangan DEM tersebut juga bermaksud meminta PUSHEP sebagai mitra strategis dan mendukung setiap kegiatan DEM. Bagi PUSHEP, permintaan tersebut merupakan bentuk kepercayaan dan suatu kehormatan yang datang dari adek-adek mahasiswa. Silaturahmi ini sekaligu memperkenalkan bahwa organisasi DEM telah tersebar di 30 kampus yang merupakan gerakan kelompok mahasiswa lintas fakultas, lintas kampus dan lintas wilayah yang konsentrasinya untuk energi

 

.