Beranda Publikasi Kegiatan

Mahasiswa dan Sarjana Antusias Daftar Pelatihan Legal Drafting Pengaturan Pengelolaan Sumber Daya Alam

356

Pusat Studi Hukum Energi dan Pertambangan (PUSHEP) mengadakan kembali program pelatihan. Kali ini PUSHEP menyelenggarakan program pelatihan legal drafting pengaturan pengelolaan sumber daya alam. Kegiatan pelatihan ini merupakan kelanjutan dari program sebelumnya terkait dengan program pemberdayaan dan peningkatan kapasitas masyarakat dan stakeholder terkait dengan hukum energi dan pertambangan.

Program manager PUSHEP, Akmaluddin Rachim, mengatakan bahwa pelatihan legal drafting pengaturan pengelolaan sumber daya alam ini merupakan program kegiatan yang dibuat untuk mengajak sekaligus memberikan pemahaman kepada masyarakat luas terkait dengan penyusunan dan pembentukan peraturan perundang-undangan, khususnya di sektor sumber daya alam. Dari pelatihan ini nantinya para peserta diharapkan mampu memahami dan mengaplikasikan pengetahuan yang didapatkan dalam berbagai aktivitas untuk mendukung tata kelola energi dan pertambangan yang berkelanjutan.

Lebih lanjut, Akmaluddin Rachim, mengutarakan bahwa program pelatihan ini didesain khusus agar materi pelatihan legal drafting mudah dipahami dan dapat diimplementasikan. Pelatihan ini menghadirkan keynote speach oleh Bapak Prof. Dr. H. R. Benny Riyanto, S.H., M.Hum., C.N yang merupakan Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Pembicara dalam kegiatan ini juga melibatkan Djoko Pudjihardjo, S.H., M.Hum., dari Kepala Pusat Perencanaan Hukum Nasional, BPHN, Kementerian Hukum dan HAM RI dan Ilham Putuhena, S.H.,M.H., dari Pusat Perencanaan Hukum Nasional, Badan Pembinaan Hukum Nasional, BPHN, Kementerian Hukum dan HAM RI.

Secara umum tujuan pelatihan ini ialah mengenalkan dan memasyarakatkan  mengenai proses pembentukan produk hukum di bidang hukum energi dan pertambangan kepada kalangan masyarakat umum dan mahasiswa. Kegiatan ini juga diharapkan memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai teori, asas, kaidah serta mengetahui secara praktek tata cara, proses dan tahapan serta teknik-teknik pembuatan legal drafting.

Melalui pelatihan ini PUSHEP berkomitmen untuk mendukung tata kelola energi dan pertambangan sejak awal dari proses pembentukan peraturan perundang-undangan yang berdasarkan hukum dan keadilan. Untuk itu PUSHEP memberikan dukungan kepada masyarakat umum dengan berbagai latar belakang profesi dan mahasiswa dengan menyelenggarakan pelatihan legal drafting pengaturan pengelolaan sumber daya alam yang melibatkan berbagai kalangan guna mengetahui tata kelola energi dan pertambangan. Dengan begitu upaya untuk mengawal agar tata kelola energi dan pertambangan dapat mendukung program pembangunan nasional yang berkelanjutan.

Materi pelatihan nantinya terdiri atas materi pengantar pembentukan peraturan perundang-undangan, materi teknik dasar penyusunan peraturan perundang-undangan, serta materi terkait pengaturan sektor sumber daya alam dalam peraturan perundang-undangan.

Hingga berita ini dibuat, peserta yang telah daftar berjumlah 748 orang dari berbagai kalangan. Antusiasme ini menandakan rasa penasaran masyarakat terhadap proses pembentukan peraturan perundang-undangan di sektor sumber daya alam. Kebutuhan tersebut akan menjadi perhatian PUSHEP untuk memberikan yang terbaik buat pembangunan hukum nasional yang berkelanjutan ke depannya.