Beranda Publikasi Kegiatan

PUSHEP Umumkan Juara Kompetisi Esai Hukum Energi Tahun 2021

215

Pusat Studi Hukum Energi dan Pertambangan (PUSHEP) mengumumkan juara pemenang Kompetisi Esai Hukum Energi Tahun 2021 yang diselenggarakan sejak 19 April – 6 Juni 2021. Pengumuman juara pemenang disampaikan langsung oleh ketua panitia kompetisi esai, Akmaluddin Rachim, di Jakarta, 15/06/2021.

Kompetisi tersebut diikuti oleh sejumlah peserta mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Para peserta merupakan mahasiswa tingkat Sarjana Strata Satu (S1) dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta.

Panitia Kompetisi Esai Hukum Energi dan Pertambangan menetapkan juara pemenang kompetisi berdasarkan hasil penilaian dewan juri. Berikut nama-nama pemenang Kompetisi Esai Hukum Energi Tahun 2021: Juara 1 Shahyb Handyanto (Universitas Gadjah Mada), Juara 2 Noering Ratu Fatheha (Universitas Airlangga), Juara 3 Dea Tri Arfida (Universitas Andalas).

Kriteria penilaian didasarkan pada pemenuhan teknis persyaratan yang telah ditentukan. Kriteria berikutnya didasarkan pada aspek penulisan yang meliputi kesesuaian judul dan isi, kesesuaian peraturan dan referensi, serta pokok pikiran antar paragraf. Kriteria terakhir ialah terkait aspek substansi yang meliputi ide menarik (menunjukkan gagasan), menampilkan masalah dan diakhiri dengan solusi, mengulas dengan runtut dan ada rujukan serta ada konten hukum (masalah hukum atau peraturan).

Akmaluddin Rachim mengucapkan selamat dan mengapresiasi setinggi-tingginya kepada pemenang lomba Kompetisi Esai Hukum Energi Tahun 2021. “Selamat kepada para juara pemenang Kompetisi Esai Hukum Energi. Bagi teman-teman yang belum berhasil juara, jangan berkecil hati sebab PUSHEP nantinya akan kembali mengadakan kompetisi serupa  dan berbagai pelatihan lainnya” ujarnya.

Panitia Kompetisi Esai Hukum Energi juga menyampaikan bahwa PUSHEP akan menyelenggarakan berbagai pelatihan terkait dengan Hukum Energi dan Pertambangan di tahun 2021 ini. “Bila adik-adik mahasiswa peserta kompetisi esai ingin ikut dalam kegiatan pelatihan, kami tentu sangat senang. Jadi selalu pantau kegiatan-kegiatan kami melalui media sosial dan portal berita kami di www.pushep.or.id”, kata Akmaluddin Rachim.

Berikut nama-nama 20 besar peserta terbaik Kompetisi Esai Hukum Energi Tahun 2021:

  1. Shahyb Handyanto (Universitas Gadjah Mada)
  2. Noering Ratu Fatheha (Universitas Airlangga)
  3. Dea Tri Arfida (Universitas Andalas)
  4. Antonius Havik Indradi (Universitas Gadjah Mada)
  5. Tirza Mariani Claudya (Universitas Kristen Indonesia)
  6. Mohammad Vieri Azuri (Universitas Indonesia)
  7. Fanny Rifkat Mukarramah (Universitas Gadjah Mada)
  8. Sindy Riani Putri Nuerhasanah (Universitas Jenderal Soedirman)
  9. Ramzy Erzano (Universitas Katolik Parahyangan)
  10. Sophia Clara Anastasia (Universitas Tanjungpura)
  11. Beatryce Patricia (Universitas Diponegoro)
  12. Nivia (Universitas Gadjah Mada)
  13. Sharon Marvela Solomon (Universitas Indonesia)
  14. Richard Goenawan (Universitas Indonesia)
  15. Dewi Bella Juniarti (Universitas Gadjah Mada)
  16. Salaztwina Nurjayanty (Universitas Padjajaran)
  17. Abdhy Walid Siagian (Universitas Andalas)
  18. Ahmad Muzaki (Universitas Diponegoro)
  19. Dara Salsabila (Universitas Padjajaran)
  20. Evan Devara (Universitas Padjajaran)

Kompetisi Esai Hukum Energi Tahun 2021 ini merupakan program kegiatan PUSHEP dalam rangka memberikan dukungan kepada pemangku kebijakan penyusunan Rancangan Undang-Undang Energi Baru Terbarukan. Oleh karena itu, PUSHEP sangat mengapresiasi dan akan terus memberikan support kepada para mahasiswa untuk meningkatkan pemahamannya terhadap tata kelola energi, pungkas Akmal.