Beranda Publikasi Kegiatan

Inisiasi Kolaborasi BLS Fakultas Hukum Universitas Indonesia & Pushep untuk Kegiatan Energi di Kalangan Mahasiswa

202

Bussiness Law Studies (BLS) Fakultas Hukum Universitas Indonesia melakukan kunjungan virtual dengan Pusat Studi Hukum Energi dan Pertambangan (Pushep) pada hari Selasa, 16 Maret 2021. Dhifan dan Joyce membuka pertemuan dengan menyampaikan maksud kunjungan virtual tersebut sebagai langkah inisiasi kolaborasi gagasan untuk penyelenggaraan simposium yang akan diawali dengan lomba  esai atau lomba karya tulis ilmiah.

Selain Dhifan dan Joyce pertemuan ini juga dihadiri oleh para pegiat BLS Fakultas Hukum Univ. Indonesia. Pihak PUSHEP pada kesempatan kali ini dipimpin oleh Manajer Pengembangan Jaringan, Luqman Hakim. Selain itu dihadiri oleh Manajer Program, Akmaluddin Rachim dan para Peneliti muda PUSHEP, Sunarto Efendi dan Puja Kharisma Putri Ayu .

BLS Fakultas Hukum Univ. Indonesia menyatakan bahwa selama ini mereka tidak mengikuti isu-isu di dunia pertambangan. Sebagai mahasiswa Fakuktas Hukum mereka memindai bahwa sektor energi dan pertambangan banyak terkait dengan regulasi tapi mereka tidak mempelajari hal itu di bangku kuliah. Dari hasil pemindaian mereka mendapatkan ide untuk menyelenggarakan Simposium atau Seminar Nasional tentang Mineral dan Batubara. Kegiatan ini akan diselenggarakan dalam rangkaian kegiatan yang diawali dengan lomba karya tulis  ilmiah.

Untuk itu melalui kunjungan ini BLS FHUI mengajak PUSHEP untuk berkolaborasi sebagai mitra penyelenggara acara Lomba Esai atau Karya Tulis Ilmiah  sampai dengan acara Seminar atau Simposium Nasional tentang Mineral dan Batubara sebagai juri atau pembicara ataupun sebagai tempat konsultasi.

Pertemuan ini akan ditindaklanjuti lagi dengan pembahasan yang lebih mengerucut dan lebih tematik sesuai dengan maksud dan penyelenggaraan lomba esai dan seminar nasional Agustus nanti. Pihak PUSHEP menyambut positif kunjungan ini dan akan membantu sesuai dengan kapasitas PUSHEP sebagai Lembaga Studi Hukum Energi dan Pertambagan.