Beranda Berita

Mahasiswa FH UNDIP Dalami Hukum Migas di PUSHEP

230

Pusat Studi Hukum Energi dan Pertambangan (PUSHEP) menerima kunjungan kelompok mahasiswa dari Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (FH UNDIP), Senin, 20/06/2022. Kedatangan mahasiswa tersebut disambut langsung oleh Direktur Eksekutif, Bisman Bhaktiar dan segenap tim PUSHEP. Maksud kedatangan mahasiswa FH UNDIP untuk mendalami ilmu hukum pengusahaan minyak dan gas bumi. Khususnya terkait dengan pengelolaan migas. Selain itu, maksud kedatangan mahasiswa tersebut juga untuk berdiskusi seputar permasalahan di bidang hukum migas.

Menurut Lanang, ketua kelompok mahasiswa FH UNDIP, mengatakan bahwa kedatangannya di PUSHEP untuk berdiskusi mengembangkan pengetahuan terkait dengan hukum migas di Indonesia. Ia menyampaikan bahwa hukum migas dan pengelolaannya saat ini menjadi salah satu topik yang sering didiskusikan bersama teman-teman mahasiswa. Lebih lanjut, Latifah, salah satu anggota kelompok mahasiswa tersebut, menyampaikan bahwa topik tata kelola migas sering menjadi diskursus di kelas dan topik tugas presentasi mahasiswa. Oleh sebab itu, Debora, yang juga salah satu anggota kelompok mengatakan ketertarikannya memahami tata kelola migas.

Bisman Bhaktiar mengutarakan bahwa pada prinsipnya PUSHEP akan membantu segala kegiatan mahasiswa, terkhusus kepada kelompok atau komunitas mahasiswa yang memiliki perhatian terhadap isu hukum energi dan pertambangan seperti migas. PUSHEP akan selalu mendukung kegiatan mahasiswa. PUSHEP juga akan mendorong agar para mahasiswa terus selalu berjuang dan meningkatkan potensi dan minat bakat mahasiswa terhadap pengetahuan hukum energi dan pertambangan. PUSHEP akan mendorong dan mengajak mahasiswa untuk bersama-sama memikirkan tata kelola migas yang memberikan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Bukti dari keseriusan PUSHEP terhadap kelompok mahasiswa adalah dengan menyelenggarakan berbagai pelatihan. Adapun beberapa pelatihan yang pernah diselenggarakan, antara lain: pelatihan dasar hukum pertambangan minerba, pelatihan dasar hukum migas, pelatihan legal drafting, kompetisi esai, kompetisi debat dan berbagai pelatihan dan kompetisi lainnya yang melibatkan generasi muda Indonesia, khususnya kalangan mahasiswa sebagai bekal dalam mempersiapkan generasi muda yang sadar akan pentingnya energi yang berkelanjutan.

Lebih lanjut, Bisman mengatakan bahwa PUSHEP sangat mengapresiasi kedatangan mahasiswa tersebut. Semangat belajar mahasiswa perlu mendapat dukungan dari berbagai pihak. Oleh sebab itu PUSHEP mengajak dan akan memberikan perhatian untuk setiap kegiatan mahasiswa dalam rangka pengembangan kapasitas. Wujud komitmen tersebut merupakan ikhtiar PUSHEP untuk memajukan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan mendorong agar tata kelola energi dan pertambangan berdasarkan hukum dan keadilan.

Bisman Bhaktiar menambahkan bahwa kehadiran kelompok mahasiswa tersebut menunjukkan perkembangan dinamika pemikiran mahasiswa kini sangat maju. Mahasiswa telah berani memotret permasalahan di seputar migas yang dulunya wacana tersebut belum menjadi konsumsinya. Berbagai permasalahan seputar tata kelola migas kini mendapat perhatian dari kalangan mahasiswa. Ketertarikan terhadap wacana tersebut menunjukkan bahwa ada pergeseran dinamika pemikiran di kalangan mahasiswa. Mahasiswa tidak lagi dominan menaruh perhatian pada isu kepemudaan dan dinamaka kebangsaan, tapi juga menyangkut masalah di bidang energi, seperti migas.