Beranda Publikasi Kegiatan

Membeludak Di Batas Akhir Pengumpulan Naskah Esai Ditutup, PUSHEP Apresiasi Semangat Mahasiswa

11

 

Tanggal 15 Januari 2023 merupakan batas akhir pengumpulan naskah kompetisi esai yang diselenggarakan oleh Pusat Studi Hukum Energi dan Pertambangan (PUSHEP). Tidak disangka, peserta Kompetisi Esai Mahasiswa “Suara Mahasiswa untuk Ketahanan Energi” membeludak saat menjelang penutupan berakhir. Berdasarkan laporan penanggungjawab kegiatan, Holy Muridi, bahwa terdapat 100 lebih peserta yang mengirimkan naskah sesaat waktu pengumpulan naskah akan ditutup. PUSHEP sangat mengaprisasi semangat literasi generasi muda dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Melonjaknya jumlah peserta Kompetisi Esai tahun ini menjadi dorongan semangat bagi PUSHEP untuk terus memberikan ruang kepada mahasiswa untuk berkarya. PUSHEP mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya peserta yang telah mengirimkan naskah esai. Banyaknya peserta menandakan minat dan semangat para mahasiswa dalam mengkaji topik-topik tentang energi semakin digandrungi kalangan generasi muda saat ini

Kompetisi esai mahasiswa kali ini PUSHEP mengangkat tema “Suara Mahasiswa untuk Ketahanan Energi Nasional” yang juga merupakan rangkaian kegiatan Kongres Mahasiswa untuk Ketahanan Energi 2023. Dari tema tersebut, kemudian peserta diberikan beberapa pilihan sub topik yang dituangkan dalam tulisan esai. Adapun pilihan topik tulisan tersebut antara lain:

  1. Pengelolaan energi baru dan energi terbarukan dalam mewujudkan ketahanan energi;
  2. Pengelolaan minyak dan gas bumi dalam mewujudkan ketahanan energi;
  3. Pengelolaan batubara dalam mewujudkan ketahanan energi;
  4. Transisi energi untuk mencapai Net Zero Emission;
  5. Penguatan peran daerah untuk mewujudkan ketahanan.

Pelaksanaan kegiatan ini semula dijadwalkan dari tanggal 30 November 2022 hingga 9 Januari 2023. Namun karena tingginya antusias dari mahasiswa mengikuti kegiatan ini, akhirnya PUSHEP memberikan perpanjangan waktu untuk pengiriman naskah esai yang berakhir pada 15 Januari 2023. Alhasil, tercatat ada 436 peserta yang mengirimkan esai. Adapun jumlah esai yang diterima lebih dari 403 naskah terkumpul. Hal ini karena ada beberapa peserta yang mengirimkan lebih dari satu naskah esai. Pengiriman lebih dari satu naskah esai memang dimungkinkan agar mahasiswa dapat mengirimkan berbagai gagasan kreatifnya yang dituangkan dalam bentuk esai.

Tahap selanjutnya PUSHEP akan melakukan penilaian terhadap ratusan naskah tersebut. Berdasarkan ketentuan, penilaian esai dilakukan dengan parameter ide, gagasan dan kesesuaian dengan tema; alur pemikiran dan tata penulisan; serta kemutakhiran topik esainya. Dalam melakukan penilaian, PUSHEP akan dengan cermat menelaah gagasan pemikiran dengan menyesuaikan dengan topik yang telah ditentukan. Setelah dilakukan penilain, selanjutnya PUSHEP akan mengumumkan pemenang kompetisi esai pada 23 Januari 2023.