Beranda Publikasi Kegiatan

PUSHEP Bekali Generasi Muda Pengetahuan Transisi Energi di Energy Transition Expo

34

 

Kesuksesan Pusat Studi Hukum Energi dan Pertambangan (PUSHEP) menyelenggarakan Energy Transition Expo berefek pada meningkatnya minat dan daya tarik pelajar mengetahui perihal transisi energi. Dalam pameran tersebut, generasi muda mendapatkan banyak pengetahuan seputar transisi energi, diantaranya terkait perubahan iklim, energi terbarukan, pengembangan pembangkit listrik tenaga surya, motor listrik dan berbagai pengetahuan lainnya. Pameran transisi energi yang diselenggarakan oleh PUSHEP bekerja sama dengan Dewan Energi Nasional (DEN) berhasil mengajak generasi muda sejak dini untuk mengenal dan mengetahui soal perkembangan pengembangan energi ke depan.

PUSHEP memandang bahwa pembekalan dan pengenalan pengetahuan seputar transisi energy terhadap generasi muda sejak awal mutlak diperlukan agar penerus tongkat estafet kepemimpinan dan pengambil kebijakan ke depannya siap menghadapi tantangan global. Upaya tersebut dilakukan dengan pendekatan yang ringan dan menghibur. Pelajar yang mengunjungi pameran banyak mendapatkan souvenir dari setiap stan pameran. Hal itu diperolah dari setiap pertanyaan yang diberikan oleh penjaga masing-masing stan peserta pameran. Atas motivasi tersebut, para pelajar sangat semangat mendatangi setiap stan pameran.

Energy Transition Expo mengangkat tema tentang Energi Bersih dan Transisi Energi untuk Ketahanan Energi yang Berkelanjutan Menuju NZE 2060. Pameran Transisi Energi diikuti oleh 9 (sembilan) perwakilan dari Dinas ESDM Pemerintah Provinsi. Diantaranya adalah Dinas ESDM Aceh, Dinas ESDM Sumatera Barat, Dinas ESDM Kepulauan Bangka Belitung, Dinas ESDM Jawa Barat, Dinas ESDM Jawa Tengah, Dinas ESDM Jawa Timur, Dinas ESDM Kalimantan Timur, Dinas ESDM Sulawesi Tenggara, dan Dinas ESDM Nusa Tenggara Barat. Adapun peserta pameran lainnya diikuti oleh Instansi Pemerintah Pusat, Non-Government Organization (NGO) Perusahaan di sektor energi dan Pergururuan Tinggi.

Peserta pameran tersebut antara lain: Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, PT AKR Corporindo, Institute for Essential Services Reform (IESR), Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI). Peserta pameran berikutnya adalah Politeknik Energi dan Mineral Akamigas, Politeknik Energi dan Pertambangan Bandung, Institut Teknologi PLN, PT Bukit Pembangkit Innovative (BPI), PT Migas Utama Jabar (MUJ), PT Petrogas Jatim Utama, PT Satu Energi. Masing-masing dari stan pameran tersebut menampilkan program kebijakan yang mendukung dan mendorong transisi energi.

Dalam pelaksanaan pameran tersebut, juga berlangsung talkshow tentang implementasi RUED oleh beberapa perwakilan provinsi dan stakeholder yang mengikuti pameran. Rangkaian kegiatan talkshow memberikan kesempatan kepada setiap peserta pameran untuk memaparkan setiap program atau kebijakan yang telah dibuat dalam upaya menuju energi bersih, transisi energi dan NZE. Perwakilan Dinas ESDM Provinsi mempresentasikan terkait dengan perkembangan implementasi RUED.

Selain itu, perwakilan dari Politeknik Energi dan Mineral Akamigas, Politeknik Energi dan Pertambangan Bandung, serta Institut Teknologi PLN juga diberikan kesempatan untuk melakukan sosialisasi tentang program dan kurikulm pendidikan seputar perkembangan transisi energi yang telah disusun. Kurikulum tersebut sejatinya merupakan upaya untuk menyiapkan generasi muda mengetahui dan memahami perihal transisi energi guna menunjang kebijakan program pemerintah. Dari sini diharapkan pelajar yang mengikut pameran dapat melanjutkan pendidikannya di Politeknik Energi dan Mineral Akamigas, Politeknik Energi dan Pertambangan Bandung, serta Institut Teknologi PLN.