Beranda Publikasi Kegiatan

PUSHEP dan BLS Fakultas Universitas Indonesia Selenggarakan Kompetisi Esai Kritis Nasional

145

 

Pusat Studi Hukum Energi dan Pertambangan (PUSHEP) bekerja sama dengan Business Law Society (BLS) Fakultas Hukum Universitas Indonesia mengadakan kegiatan “Kompetisi Esai Kritis Nasional”. Kegiatan ini juga merupakan satu rangkaian dengan kegiatan “Pelatihan Hukum Energi dan Sumber Daya Mineral 2021” Kegiatan tersebut mengangkat tema “Dinamika Regulasi Mineral dan Batubara di Indonesia Ditinjau dari Aspek Bisnis: Hilirisasi sebagai Kunci Optimalisasi Pemanfaatan Produk Hasil Pertambangan”. Kegiatan ini berlangsung sejak 24 Juni hingga 22 Juli 2021.

Adapun kegiatan ini dimulai dari kegiatan open recruitment pre-event 24 Juni 2021. Kegiatan merupakan tahap pendaftaran peserta. Kegiatan selanjutnya yaitu tanggal 28 Juni – 5 Juli 2021 merupakan tahap pengumpulan naskah dari peserta. Pada tanggal 6 – 20 Juli 2021 dilaksanakan penjurian oleh dewan juri.  Mekanisme selanjutnya, dari dewan juri hasil penilian diserahkan kepada pada panitia tanggal 20 Juli 2021. Pengumuman pemenang disampaikan pada tanggal 22 Juli 2021.

Manager program PUSHEP, Akmaluddin Rachim, mengatakan bahwa kerja sama dengan BLS Fakultas Hukum Universitas Indonesia ini merupakan bentuk dukungan PUSHEP terhadap kegiatan mahasiswa dalam rangka mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu: (1) pendidikan dan pengajaran, (2) penelitian dan pengembangan, dan (3) pengabdian kepada masyarakat.

PUSHEP berkomitmen mengembangkan jaringan, meningkatkan kapasitas, dan mensosialisasikan informasi dan referensi terkait hukum energi dan pertambangan dengan membantu aktivitas lembaga mahasiswa, BLS Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Dukungan PUSHEP terhadap kegiatan bersama BLS Fakultas Hukum Universitas Indonesia dimulai sejak awal perumusan konsep kegiatan. PUSHEP memberikan masukan sejak dari penentuan tema kegiatan, mekanisme penilaian, hingga tahap penjurian. Selain itu, PUSHEP juga berkontribusi memberikan penghargaan kepada pemenang kompetisi esai tersebut. Tidak sampai disitu saja, pihak PUSHEP juga berkomitmen menjadi narasumber dalam rangkaian kegiatan selanjutnya, “Pelatihan Hukum Energi dan Sumber Daya Mineral”.

Adapun pemenang kompetisi esai kritis ini dimenangkan oleh: Priscilla Angela Violetta – Universitas Indonesia sebagai juara pertama, Helen Solagratia – Universitas Indonesia sebagai juara kedua, dan Maytsa Atika Al Maghfiroh – Universitas Sebelas Maret sebagai juara ketiga. Pemenang kompetisi ini akan mendapatkan hadiah uang tunai dan merchandise dari PUSHEP dan berhak mengikuti kegiatan selanjutnya, pelatihan.

Panita penyelenggara kegiatan menyampaikan ucapan terima kasih kepada PUSHEP atas dukungannya sehingga kegiatan ini berjalan lancar. Panitia penyelenggara pun berharap agar kerja sama ini tetap terjalin ke depannya. PUSHEP dalam hal ini telah berjasa sangat besar dalam membantu meningkatkan kualitas acara kami. Ini membuktikan bahwa PUSHEP memiliki kepedulian yang tinggi dalam peningkatan kapasitas mahasiswa di bidang hukum energi dan pertambangan. Dhifan Fauzan Rinaldi selaku Project Officer TERM FH UI 2021 mewakili panitia lainnya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PUSHEP atas kerja samanya dalam penyelenggaraan kegiatan National Essay Competition ini. Semoga ke depannya PUSHEP dapat terus berkarya dalam memajukan Hukum Energi dan Pertambangan di Indonesia

Akmaluddin Rachim, berharap kegiatan bersama BLS Fakultas Hukum Universitas Indonesia terus berkesinambungan. Sejauh ini telah ada beberapa kampus yang mengadakan kerja sama pelatihan dengan PUSHEP. Selain itu Akmaluddin Rachim juga berharap agar lembaga-lembaga mahasiswa dari perguruan tinggi lainnya mengadakan hal serupa. PUSHEP senantiasa akan selalu terbuka bekerja sama dengan pihak perguruan tinggi mana pun. Hal itu dimaksudkan agar tata kelola energi dan pertambangan diketahui dan dipahami oleh masyarakat luas.