Beranda Publikasi Kegiatan

PUSHEP dan PUSKASI UMSU Jajaki Kerja Sama Peningkatan Kapasitas Tri Dharma Perguruan Tinggi

35

 

Pusat Studi Hukum Energi dan Pertambangan (PUSHEP) dan Pusat Studi Konstitusi dan Anti Korupsi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (PUSKASI-UMSU) akan menjajaki kerja sama peningkatan mutu kapasitas Tri Dharma perguruan tinggi. Hal itu disampaikan oleh Ketua PUSKASI UMSU, Benito Asdhie Kodiyat, dalam rapat koordinasi pra penyelenggaraan penandatanganan nota kesepahaman antara PUSKASI UMSU dan PUSHEP yang dilangsungkan secara virtual, Kamis, 26/08/2021.

Benito Asdhie Kodiyat mengatakan bahwa kerja sama ini untuk meningkatkan mutu kualitas akademik, baik bidang pendidikan, penelitian, maupun pengabdian masyarakat. Kegiatan kerja sama ini dapat berupa penyelenggaraan kegiatan bersama berupa diskusi, seminar, FGD, pelatihan, talkshow, workshop dan berbagai kegiatannya. Benito Asdhie Kodiyat berharap agar PUSHEP dapat mewarnai PUSKASI UMSU dengan materi-materi atau wacana di bidang hukum energi dan pertambangan.

Manager Program bidang Penelitian dan Kajian Hukum Energi dan Pertambangan, Ilham Putuhena mengatakan bahwa mewakili direktur kami Bapak Bisman Bhaktiar, sangat menyambut baik kerja sama ini. Ilham Putuhena berharap agar komunikasi selalu terjalin untuk membangun frekuensi pemahaman yang searah dan kerjasama yang baik untuk selanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, Manager Program PUSHEP, Akmaluddin Rachim mengatakan bahwa menyambut baik kerja sama ini. Pada prinsipnya kita mendukung apa yang diharapkan dari PUSKASI UMSU terkait dengan Tri Dharma perguruan tinggi. Dalam sambutannya, Akmaluddin Rachim menjelaskan bahwa PUSHEP memiliki beberapa program kegiatan, antara lain: 1) Penelitian dan Kajian Hukum Sektor Energi dan Pertambangan; 2) Advokasi dan Pemantauan Penegakan Hukum Kasus terkait Energi dan Pertambangan; 3) Peningkatan Kapasitas Masyarakat dan Stakeholder Energi dan Pertambangan; 4) Pengembangan Jaringan Kelompok Masyarakat dan Stakeholder Energi dan Pertambangan; dan 5). Publikasi Informasi dan Referensi Sektor Hukum Energi dan Pertambangan.

Lebih lanjut, Akmaluddin Rachim mengatakan bahwa, PUSHEP juga telah melaksanakan berbagai macam kegiatan baik itu penelitian ataupun pelatihan lainnya. Beberapa kali PUSHEP mengadakan pelatihan, seperti pelatihan dasar hukum minerba, pelatihan dasar hukum migas, dan pelatihan legal drafting pengaturan pengelolaan sumber daya alam serta berbagai pelatihan lainnya. Selain itu kita juga mengadakan beberapa lomba seperti lomba esai, yang pesertanya dari berbagai perguruan tinggi dalam negeri hingga luar negeri. PUSHEP juga mengadakan lomba adu gagasan terkait hukum energi dan pertambangan.

Dalam pertemuan tersebut hadir dari pihak PUSKASI UMSU, antara lain:  Eka Sihombing, Cynthia, Andryan, dan Rafiqah Rizky, yang merupakan civitas akademik dari Fakultas Hukum UMSU. Dari PUSHEP hadir Dejan Pramasetia, Moch. Wirdan, dan Mariah Ulfa.