Beranda Publikasi Kegiatan

PUSHEP Umumkan Juara dan Peserta Terbaik Kompetisi Esai Energi dan Pertambangan Tahun 2021

20

Pusat Studi Hukum Energi dan Pertambangan (PUSHEP) mengumumkan juara pemenang Kompetisi Esai Energi dan Pertambangan Tahun 2021 yang diselenggarakan sejak 5 November – 20 Desember 2021. Pengumuman juara pemenang disampaikan langsung oleh ketua panitia kompetisi esai, Akmaluddin Rachim, di Jakarta, 20/12/2021.

Kompetisi tersebut diikuti oleh ratusan peserta mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Para peserta merupakan mahasiswa tingkat Sarjana Strata Satu (S1) dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta. Panitia Kompetisi Esai Energi dan Pertambangan 2021 menetapkan juara pemenang kompetisi berdasarkan hasil penilaian Dewan Juri. Berikut di bawah ini nama-nama pemenang dan peserta terbaik Kompetisi Esai Energi dan Pertambangan Tahun 2021:

20 besar peserta terbaik Kompetisi Esai Energi dan Pertambangan Tahun 2021:

  1. Dea Tri Afrida (Universitas Andalas)
  2. Ristania Salsabila Putri (Universitas Indonesia)
  3. Nur Aini (Universitas Hasanuddin)
  4. Maura Dinda Helmina (Universitas Indonesia)
  5. Vicko Taniady (Universitas Jember)
  6. Carolus Borromeus Enggal Pangestu (Universitas Gadjah Mada)
  7. Rahmat Husein HRP (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta)
  8. Maytsa Atika Al Maghfiroh (Universitas Sebelas Maret)
  9. Anugrah Muhtarom Pratama (Universitas Sebelas Maret)
  10. Intan Ardila Mei Tivani (Universitas Negeri Surabaya)
  11. Amelia Kusuma Wardani (Institut Agama Islama Negeri Kudus)
  12. Sindy Riani Putri Nurhasana (Universtas Jenderal Soedirman)
  13. Defi Permata Sari (Universitas Andalas)
  14. Blasius Priyo Anggito Cahyo (Universitas Gadjah Mada)
  15. Farell Fillyanno Zevic (Universitas Pertahanan)
  16. Muhammad Subekhan (Universitas Negeri Semarang)
  17. Fania Agustin (Universitas Indonesia)
  18. I Gusti Ayu Ketut Intan Pradnyawati (Universitas Udayana)
  19. Adnan Hasyim Wibowo (Universitas Indonesia)
  20. Achmad Rafi Al Khalish (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta)

Kriteria penilaian didasarkan pada pemenuhan teknis persyaratan yang telah ditentukan. Kriteria berikutnya didasarkan pada aspek penulisan yang meliputi kesesuaian judul dan isi, kesesuaian peraturan dan referensi, serta pokok pikiran antar paragraf. Kriteria terakhir ialah terkait aspek substansi yang meliputi ide menarik (menunjukkan gagasan), menampilkan masalah dan diakhiri dengan solusi, mengulas dengan runtut dan ada rujukan serta ada konten hukum (masalah hukum atau peraturan).

Akmaluddin Rachim mengucapkan selamat dan mengapresiasi setinggi-tingginya kepada pemenang Kompetisi Esai Energi dan Pertambangan Tahun 2021. “Selamat kepada para juara pemenang Kompetisi Esai Energi dan Pertambangan. Bagi teman-teman yang belum berhasil juara, jangan berkecil hati sebab PUSHEP nantinya akan kembali mengadakan kompetisi serupa dengan hadiah menarik dan berbagai pelatihan lainnya” ujarnya.

Panitia Kompetisi Esai Energi dan Pertambangan juga menyampaikan bahwa PUSHEP akan menyelenggarakan berbagai kegiatan pelatihan terkait dengan Hukum Energi dan Pertambangan di tahun 2022 ke depannya. “Bila adik-adik mahasiswa peserta kompetisi esai ingin ikut dalam kegiatan pelatihan, kami tentu sangat senang. Jadi selalu pantau kegiatan-kegiatan kami melalui media sosial dan website kami di www.pushep.or.id”, kata Akmaluddin Rachim.

Kompetisi Esai Energi dan Pertambangan Tahun 2021 ini merupakan program kegiatan PUSHEP dalam rangka memberikan dukungan kepada pemangku kebijakan guna mendukung penyusunan dan kebijakan terkait dengan energi dan pertambangan. Oleh karena itu, PUSHEP sangat mengapresiasi dan akan terus memberikan support kepada para mahasiswa untuk meningkatkan pemahamannya terhadap tata kelola energi dan pertambangan.