Beranda Publikasi Kegiatan

Agus Sudibyo Beri Kiat Penulisan Opini tentang Hukum Energi dan Pertambangan di PUSHEP

481

 

Agus Sudibyo hadir beri kiat agar penulisan artikel opini dimuat media dalam kegiatan pelatihan penulisan berita dan opini yang diselenggarakan oleh Pusat Studi Hukum Energi dan Pertambangan (PUSHEP) secara virtua pada Senin, 2/08/2021. Menurutnya, penulisan opini itu bertujuan agar dapat mempengaruhi kebijakan yang akan atau telah dibuat oleh pemerintah dan DPR.

Agus Sudibyo merupakan peneliti media dan komunikasi, head of new media research center Akademi Televisi Indonesia (ATVI). Saat ini Agus Sudibyo merupakan anggota aktif Dewan Pers, yang menjabat sebagai Ketua Komisi Hubungan Antar Lembaga dan Internasional Dewan Pers.

“Bila kegiatan atau perhatian pada isu-isu di sektor energi dan pertambangan, maka tujuan penulisan opini tersebut berarti sebagai cara menyebarkan gagasan agar dapat mempengaruhi opini publik” kata Agus Sudibyo, yang juga merupakan penulis buku Etika Jurnalisme Migas, Panduan untuk Wartawan.

Menurut Agus Sudibyo, kegiatan menulis merupakan kegiatan aktualisasi diri dalam menarasikan pengetahuan yang kita miliki menjadi sebuah gagasan yang konkret dan dibaca oleh orang banyak. Kegiatan tersebut merupakan pengujian terhadap gagasan yang kita punya.

“Cara agar opini kita diterima dan dapat ditayangkan di media massa harus selalu mengangkat isu aktual, memilih judul yang menarik, narasinya efisien dan efektif, menggunakan bahasa populer, tidak banyak kutipan atau referensi, dan juga unik”, ungkap Agus Sudibyo.

Pelatihan penulisan berita dan opini ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terhadap penulisan berita dan opini di bidang hukum energi dan pertambangan. Secara khusus, kegiatan ini mempunyai tujuan yaitu: memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai etika penulisan berita di bidang hukum energi dan pertambangan, meningkatkan kemampuan dalam penulisan hasil kajian dan literasi di bidang hukum energi dan pertambangan, dan mengembangkan pemikiran dan kegiatan dalam literasi hukum energi dan pertambangan.

Pelatihan penulisan berita dan opini ini melibatkan orang yang sangat berpengalaman pada bidangnya. Narasumber lain yang terlibat adalah Asnil Bambani, Ketua AJI Jakarta pada 2018-2021 sekaligus sebagai Majelis Pertimbangan AJI Jakarta dan juga Mochamad Januar Rizki yang merupakan jurnalis dari Hukumonline.com. 

Peserta pelatihan penulisan berita dan opini ini berasal dari anggota pegiat dan pemerhati lingkungan, akademisi, mahasiswa, kalangan profesional, kelompok masyarakat sipil, lembaga bantuan hukum, dan lain sebagainya yang bergerak di sektor energi dan pertambangan.

Kegiatan pelatihan penulisan berita dan opini tentang hukum energi dan pertambangan diikuti oleh 207 peserta yang mendaftar. Pelatihan penulisan berita dan opini ini merupakan program kegiatan PUSHEP dalam rangka peningkatan kapasitas stakeholder, seperti lembaga masyarakat, lembaga bantuan hukum, pegiat dan pemerhati lingkungan, akademisi, mahasiswa, hingga kalangan profesional lainnya yang bergerak di sektor energi dan pertambangan. Selain itu kegiatan ini dimaksudkan untuk mengembangkan jaringan kelompok masyarakat peduli energi dan pertambangan.