Beranda Publikasi Kegiatan

PUSHEP Fasilitasi Pembentukan Kelompok Jurnalis Peduli Energi dan Pertambangan

459

 

Pusat Studi Hukum Energi dan Pertambangan (PUSHEP) siap memfasilitasi pembentukan kelompok jurnalis peduli energi dan pertambangan. Hal ini mengemuka dalam pelatihan dasar penulisan berita dan opini tentang hukum energi dan pertambangan yang diselenggarakan oleh PUSHEP secara virtual, 2/08/2021. Bisman Bhaktiar selaku direktur eksekutif PUSHEP menyatakan akan mendukung penuh pembentukan kelompok jurnalis peduli energi dan pertambangan ini.

“PUSHEP bersemangat dengan ide soal pembentukan kelompok jurnalis yang peduli terhadap isu-isu mengenai energi dan pertambangan. Kami siap mendukung penuh soal gagasan tersebut. Karena dengan begitu wacana energi dan pertambangan semakin terbuka dan dapat dibaca oleh publik” kata Bisman Bhaktiar.

Pelatihan penulisan berita dan opini ini merupakan program kegiatan PUSHEP dalam rangka peningkatan kapasitas stakeholder, seperti lembaga masyarakat, lembaga bantuan hukum, pegiat dan pemerhati lingkungan, akademisi, mahasiswa, hingga kalangan profesional lainnya yang bergerak di sektor energi dan pertambangan.

Dalam sambutannya, Bisman Bhaktiar, menyatakan bahwa kegiatan tersebut juga merupakan bagian dari program PUSHEP dalam hal pengembangan jaringan kelompok masyarakat. “Melalui kegiatan ini diskusi-diskusi tentang energi atau pertambangan akan semakin meluas. Dengan begitu, secara langsung maupun tidak langsung akan terbentuk suatu kelompok atau komunitas yang peduli terhadap program yang sedang kami perjuangkan” ungkapnya.

Pelatihan ini melibatkan orang yang sangat berpengalaman pada bidangnya. Narasumber yang terlibat antara lain:  Agus Sudibyo, Ketua Komisi Hubungan Antar Lembaga dan Internasional Dewan Pers; Asnil Bambani, Ketua AJI Jakarta pada 2018-2021 sekaligus sebagai Majelis Pertimbangan AJI Jakarta; dan Mochamad Januar Rizki yang merupakan jurnalis dari Hukumonline.com

Lebih lanjut, Bisman Bhaktiar, menyampaikan bahwa PUSHEP berkomitmen untuk meningkatkan pemahaman dan kapasitas masyarakat pada kegiatan jurnalisme warga demi mendorong terciptanya tata kelola energi dan pertambangan yang berlandaskan hukum dan keadilan.

Pelatihan penulisan berita dan opini ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terhadap penulisan berita dan opini di bidang hukum energi dan pertambangan. Secara khusus, kegiatan ini mempunyai tujuan yaitu: memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai etika penulisan berita di bidang hukum energi dan pertambangan, meningkatkan kemampuan dalam penulisan hasil kajian dan literasi di bidang hukum energi dan pertambangan, dan mengembangkan pemikiran dan kegiatan dalam literasi hukum energi dan pertambangan.

Bisman Bhaktiar mengatakan bahwa pelatihan penulisan berita dan opini ini digelar agar masyarakat atau kelompok masyarakat memiliki pengetahuan, kapasitas, dan keberanian dalam menulis dan/atau memberitakan terkait kegiatan tata kelola dan usaha sektor energi dan pertambangan apabila dipandang menyimpang dari norma hukum dan rasa keadilan masyarakat.