Beranda Berita

Anggoto DEN Daryatmo Mardiyanto: Patriot Energi dan Peran Generasi Milenial Dibutuhkan dalam Masa Transisi Energi

11

 

Anggota Dewan Energi Nasional (DEN), Ir. H. Daryatmo Mardiyanto, mengatakan bahwa penguatan nasionalisme generasi milenial perlu ditingkatkan untuk berperan aktif dalam menghadapi transisi energi. Daryatmo Mardiayanto menyampaikan bahwa transisi energi memberikan peluang besar untuk berkarya bagi generasi milenial untuk mengambil peranan. Bagi Daryatmo Mardiyanto, menumbuhkan nasionalisme generasi milenial di masa transisi energi ini sangat penting untuk dilakukan.

Lebih lanjut, Daryatmo menjelaskan bahwa transisi energi saat ini menjadi fokus pemerintah dan pada upaya penerapannya memiliki banyak kendala dalam realisasinya. Proses peralihan energi fosil menuju energi baru dan terbarukan (EBT) membutuhkan ide-ide yang inovatif, sehingga impian Indonesia untuk menggunakan energi yang bersih dapat terwujud. Daryatmo Mardiayanto mengatakan bahwa peran generasi milenial dalam keberhasilan pembangunan ekonomi rendah karbon berkelanjutan ini sangat dibutuhkan.

Menurutnya, hal ini didasarkan karena para generasi milenial cenderung memiliki potensi dalam memberikan ide dan inovasi baru dalam mengembangkan EBT dan dapat memberikan pengaruh besar dalam mengkampanyekan penggunaan energi bersih sehingga dapat menimbulkan kesadaran penuh dalam masyarakat. Daryatmo menyontohkan bahwa wujud nyata nasionalisme generasi milenial dalam ketahanan energi seperti adanya inovasi pembuatan biomassa dari limbah dan pemanfaatan tanaman untuk menjadi bahan bakar. Lebih lanjut, dikatakan bahwa contoh lainnya adalah dengan memberikan pendampingan kepada masyarakat dan mengembangkan perusahaan rintisan (startup) seperti aplikasi penghematan energi.

Daryatmo Mardiyanto mengatakan bahwa penggunaan transportasi berbasis listrik, seperti motor listrik atau mobil listrik ke depannya perlu dimasifkan. Hal ini merupakan sebagai wujud cinta energi bersih dan ramah lingkungan yang bisa dicontohkan lebih dahulu oleh generasi milenial sehingga tertanam nasionalisme melalui bentuk dan wujud Patriot Energi oleh generasi selanjutnya.

Pelatihan ini diselenggarakan dengan tujuan memberikan pengetahuan dan pemahaman generasi muda, kelompok masyarakat, dan masyarakat pada umumnya untuk mengajak terlibat dalam mewujudkan ketahanan, kemandirian, dan kedaulatan energi nasional. Pelatihan ini juga diselenggarakan untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan dalam melakukan pengawasan dan memberikan masukan terkait pengelolaan energi nasional.

Pelatihan Bela Negara ini merupakan program kegiatan yang dibuat untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan partisipasi aktif khususnya kepada generasi muda terhadap ketahanan, kemandirian, dan kedaulatan energi nasional. Dari kegiatan pelatihan ini nantinya diharapkan para peserta mampu mengaktualisasikan ilmu yang didapatkan dalam berbagai aktivitas kehidupannya untuk mendukung tata kelola energi yang berkelanjutan.

Pelatihan ini dirancang untuk mengembangkan wawasan generasi muda dan masyarakat pada umumnya terkait ketahanan, kemandirian, dan kedaulatan energi nasional. Kemudian, pelatihan ini juga dilaksanakan untuk mengajak generasi muda berperan aktif mewujudkan ketahanan, kemandirian, dan kedaulatan energi nasional serta menjalin kerja sama dan mengembangkan jaringan mahasiswa dan organisasi mahasiswa untuk peduli terhadap ketahanan, kemandirian, dan kedaulatan energi nasional.