Beranda Publikasi Kegiatan

Kunjungan Jacques Bertrand, PhD. Professor University of Toronto, Kanada

998
Kunjungan Jacques Bertrand, PhD. Professor University of Toronto, Kanada

“POLITIK ENERGI INDONESIA DALAM PERSPEKTIF POLITICAL SCIENCE”

Pusat Studi Hukum Energi dan Pertambangan (PUSHEP) Menerima Kunjungan Jacques Bertrand, PhD.  Professor Department of Political Science dari University of  Toronto, Kanada pada Kamis, 12/03/2015.

Direktur Eksekutif Bisman Bhaktiar bersama Pengurus dan peneliti PUSHEP menerima kunjungan Professor Jacques Bertrand, PhD. yang didampingi oleh staf Centre for Strategic and International Studies (CSIS). Kedatangan Jacques Bertrand bertujuan untuk melakukan penelitian tentang politik energi dan pertambangan di Indonesia dan menggali berbagai informasi terkait dengan proses pembentukan undang-undang di bidang energi dan pertambangan di Indonesia dengan melakukan wawancara secara mendalam bersama  direktur eksekutif dan peneliti PUSHEP.

Secara spesifik Tujuan dari penelitian  Jacques Bertrand adalah untuk mempelajari  beberapa hal sebagai berikut:  i) pola ketimpangan di negara-negara demokrasi yang telah diuntungkan dari  adanya “booming sumber daya alam”,   ii) menilai sejauh mana perjuangan politik terkait dengan pengelolaan sumber daya alam  dan bagaimana kontribusi untuk redistribusi pendapatan yang berasal dari sumberdaya  alam.

Sedangkan penelitian di Indonesia difokuskan pada i) “booming sumber daya” Indonesia, di sektor minyak, gas dan mineral;  ii) pergeseran kebijakan untuk mengelola pajak dan non-pajak pendapatan di sektor ini; iii) pergeseran kebijakan pengelolaan sektor-sektor migas dan pertambangan, serta dampak hukum perubahan undang-undang;  iv) subsidi minyak dan dampaknya; v) perdebatan politik dan perjuangan pada isu-isu tersebut. -wi-